Penulisan Wattpad

Mengapa Wattpad?

Wattpad adalah… well, bayangkan YouTube. YouTube yang dipenuhi buku, bukan video. Buku-buku gratis. Jutaan koleksi, jutaan pembaca. Dan, itulah Wattpad; sebuah media sosial untuk pembaca dan pencipta buku digital. Pembaca bisa menemukan berbagai buku digital, dari berbagai jenis. Wattpad menjembatani pembaca dan penulis dengan membangun komunitas sosial melalui cerita-cerita. Berdasarkan statistik Wattpad, Wattpad telah mengumpulkan 60 juta pengguna — 90% di antaranya adalah Gen Z dan Millenial. Secara menyeluruh, orang-orang menghabiskan 15 juta menit di Wattpad setiap bulannya.

Anda mungkin bertanya, “Memangnya, ada brand yang menggunakan Wattpad sebagai strategi pemasaran digital?

Katakan hai untuk Coca Cola. Coca Cola pernah memublikasikan sebuah buku digital berjudul “Naughty or Nice” dalam sepuluh bab di Wattpad. Setiap bab adalah sebuah surat untuk Santa, ditulis oleh penulis ternama di Wattpad. Buku digital ini menghubungkan merek Coca Cola dengan hari libur. Hasilnya? 63% pengguna Wattpad merasa mereka akan menikmati Coca Cola untuk minggu berikutnya — saat hari libur, sebagaimana yang ditargetkan Coca Cola.

Jangan lupakan Disney. Dua minggu sebelum perilisan Beauty and the Beast, Disney meluncurkan strategi pemasaran bertajuk “#BeautyandtheBeast Writing Challenge”. Hasilnya, 1,2 juta engagement terkumpul secara keseluruhan. Pengguna Wattpad yang berinteraksi dengan strategi pemasaran ini merasa akan menonton Beauty and the Beast tanpa eksposur.

Wattpad adalah investasi dalam sebuah tulisan, sebuah cerita, sebuah buku digital. Dan, inilah mengapa aku mengundangmu ke Wattpad: Untuk menunjukkan brand-mu melalui sebuah buku digital yang menyentuh hati target pembacamu. Cerita yang bermakna. Yang tak terlupakan. Dari brand-mu. Yang, mudah-mudahan, membuat targetmu, yang telah membacanya merasa, “Sepertinya, aku memang butuh brand ini.”

Beginilah caraku menolongmu di Wattpad:

Menulis di Wattpad seperti menulis buku. Dan, aku akan melakukan berbagai rangkaian prosesnya untuk brand-mu.

  1. Aku akan menyiapkan seluruh pondasi dan materi untuk buku digital pertamamu: Judul, anak judul, sinopsis, ide sampul buku, dan berbagai materi yang dibutuhkan selama penulisan buku digital pertamamu.
  2. Aku akan mengirimkan konsep awalnya. Konsep ini termasuk daftar calon judul dengan sinopsisnya, daftar dan judul bab, dan sedikit kisah di balik setiap bab. Apakah ini yang kau sukai untuk brand-mu? Adakah yang ingin kau tambahkan ke dalam konsep ini sebelum proses penulisan? Tenang, aku akan membagikan pendapatku, aku akan mendengar kebutuhanmu, kita akan berdiskusi dengan sangat menyenangkan.
  3. Jika segalanya sudah oke, aku akan menulis buku digital pertamamu. Durasi yang dibutuhkan tergantung pada topik dan jumlah bab yang akan aku tulis.
  4. Sebelum mengirimkan kepadamu, aku akan melakukan penyuntingan dan pemeriksaan aksara. Dan, beberapa penulisan ulang jika dibutuhkan.
  5. Nanti, di suatu pagi yang telah ditentukan, kau akan menemukan buku digital pertamamu di kotak masuk surelmu. Jadi, bagaimana menurutmu? Adakah yang ingin kau tambah, sunting, atau hapus? Aku akan merevisinya, sesuai dengan perjanjian sebelumnya. Namun, tolong diingat bahwa aku bukanlah penulis yang akan mengangguk pada setiap komentarmu, kecuali kau memberikan argumen terbaikmu mengapa kita harus menambah, menyunting, atau menghapus beberapa bagian. Aku sangat terbuka pada berbagai revisi, tetapi aku ingin memberikan yang terbaik, dariku, untuk brand-mu. Oke, aku terdengar agak idealis, tetapi, sungguh, aku bukan bermaksud idealis, aku hanya ingin yang terbaik untuk semuanya. Kita akan bersenang-senang, belajar, dan berkembang bersama dalam proyek ini, aku yakin.
  6. Setelah seluruh revisi, aku akan mengirimkan draf akhir dan, bersama-sama, kita akan berkonsultasi untuk menentukan jadwal perilisan di Wattpad. Perhatikan bahwa kita tak seharusnya memublikasikan seluruh bab pada waktu yang bersamaan. Publikasikan setiap bab, seperti acara televisi reguler.
  7. Jika dibutuhkan, aku akan memublikasikannya pada jadwal yang telah kita tentukan bersama.
  8. Buku digital pertamamu telah terbit di Wattpad!

Dan, inilah yang bisa kau dapatkan dari Wattpad:

Katakan selamat tinggal pada status-status membosankan di Facebook dan Instagram caption yang terlalu panjang. Wattpad membuka sisi lain brand-mu, melalui sebuah cerita. Di dalam komunitas yang penuh dengan pembaca.

Jika target audiensmu adalah Gen Z and Millenial, mereka akan menemukanmu di sini, di Wattpad.

Bisa jadi, mereka akan jadi pelanggan setiamu.

Apa lagi yang kau tunggu?

Hubungi aku, dan bersiap-siaplah pada buku digital pertamamu yang memukau!